Sabtu, 03 Agustus 2013

H-5 Siliwangi Ramai Lancar

KUNINGAN.- Memasuki H-5 Idul Fitri 2013/1434 H, ruas jalan Siliwangi nampak ramai lancar. Pantauan Siaga Karya, Sabtu (3/8), mulai di depan pendopo hingga pusat kota dipadati ribuan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Kendati laju kendaraan merayap, namun secara umum kondisi lalu lintas jalan protokol tersebut masih terkendali. Misalnya saja di depan gatur Citamba, para petugas gabungan (Satlantas dan Dishub Kuningan, red) sibuk mengatur laju kendaraan dan pejalan kaki yang menyeberang. Di lokasi itu sering terjadi kemacetan karena menjadi tempat naik turunnya penumpang angkot.  

Untuk memperlancar kenyamanan pengendara maupun pejalan kali, beberapa ruas jalan diberlakukan jalur satu arah. Selain jalan Siliwangi mulai perempatan jalan Pramuka menuju pusat kota yang sudah lama diterapkan, kini perempatan jalan Siliwangi - Jendral A. Yani sampai dengan perempatan jalan Afidik menuju Cugugur juga satu arah.

Begitu pula perempatan jalan Dewi Sartika – Otista ke arah Veteran hingga perempatan jalan Afidik menuju ke Ciamis. Kemudian jalan Jend. Sudirman - pertigaan jalan Ir. H, Juanda, tepatnya depan RSU 45 Kuningan, pengendara hanya diperbolehkan dari arah barat.  

Berbeda dengan kondisi lalu lintas di jalan Ir. H. Juanda depan Pasar Baru Kuningan yang sedang direnovasi, antrian kendaraan terlihat sangat tidak teratur. Karena di sebelah kanan jalan itu dipergunakan sebagai tempat parkir kendaraan hingga tiga baris dan sering menimbulkan kemacetan. (deha)