Senin, 02 September 2013

Debat Cabup, ROCHMAT Tertinggi

H. Momon Rochmana - HT Mamat Robby Suganda
KUNINGAN.- Debat calon Bupati/Wakil Bupati Kuningan yang diikuti 4 pasangan calon yaitu  nomor urut 1 H. Momon Rochmana - H. T. Mamat Robby Suganda (ROCHMAT), nomor urut 2  H. Kamdan - HJ. Elit Nurlitasari (HK-ELIT BAIK), nomor urut 3 Hj. Utje Choeriah Suganda - H. Acep Purnama (UTAMA) dan nomor urut 4 H. Zainul Mustafa Affandi - H. Chartam Sulaeman (ZAMAN) yang diselenggarakan KPU Kuningan di Gedung Sanggariang, Kabupaten Kuningan, Minggu Malam ( 2/9), mendapat penilaian dari Tim Pemantau Independen.

Kepada Siaga Karya, Tim Pemantau Independen yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dari 4 pasangan kandidat Cabup/Cawabup Bupati Kuningan ternyata skor tertinggi layak diberikan kepada pasangan H. Momon Rochmana-HT. Mamat Robby Suganda (ROCHMAT) yang diusung Partai Golkar, Demokrat dan PKB serta didukung PKS dan Gerindra dengan memperoleh nilai 80.

Di tempat kedua, H. Zainul Mustafa Affandi - H. Chartam Sulaeman (ZAMAN) dari jalur perseorangan dengan nilai 70. Sedangkan posisi ketiga pasangan Hj. Utje Choeriah Suganda - H. Acep Purnama (UTAMA) yang diusung PDIP, PAN, PPP, PBB, PKP, PDK dan PKPB dengan nilai 60 dan terakhir pasangan H. Kamdan-HJ. Elit Nurlitasari (HK-ELIT BAIK) dari perseorangan nilai 50.

Menurutnya, penilaian tersebut berdasarkan kajian dan analisa komprehensif setelah mendengarkan jawaban yang disampaikan setiap pasangan calon terhadap pertanyaan panelis. “Selain itu pula, faktor ESQ leadership menjadi faktor penentu ketika mereka memberikan jawaban maupun tanggapan kepada pasangan lain,” katanya.

Diakuinya, masyarakat Kabupaten Kuningan sudah pintar dalam menentukan pilihannya. “Dengan adanya debat Cabup/Cawabup Kuningan maka masyarakat Kabupaten Kuningan dapat mengetahui kualitas calon pemimpin yang akan mereka pilih di TPS, sehingga diharapkan mampu membawa perubahan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuningan," katanya.

Pantauan Siaga Karya dan Seputar Jabar, dari 4 Cabup/Cawabup Kuningan, hanya pasangan ROCHMAT  yang paling banyak dihadiri pendukungnya di luar gedung Sanggariang. Disamping struktural partai koalisi, nampak ribuan relawan yang terdiri dari pengurus PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Kuningan dan ranting-ranting, Pasus IPSI Kab. Kuningan, FKPPI Kab. Kuningan, Gamas Kab. Kuningan, GRIB Kab. Kuningan dan relawan lainnya. Begitu pula Barisan Inti AMPG yang mengerahkan seluruh pasukannya.

Kendati suasana cukup mencekam namun secara umum acara debat yang berlangsung sekitar 4 jam tersebut relatif kondusif karena dikawal aparat keamanan gabungan dari Polres, Kodim dan Satpol PP yang mampu mengendalikan situasi hingga acara selesai dan para Cabup/Cawabup beserta pendukungnya meninggalkan area Gedung Sanggariang. (deha)